Jumat, 10 Januari 2014

Social Network Business

    1. Pendahuluan
Pada tulisan ini saya akan membahas mengenai Strategy of Information Integration (SII). Terdapat 3 kata yang memiliki arti masing-masing. Yaitu:
1. Social Network
Social network atau Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
2. Business
Dalam ilmu ekonomi, business atau bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
    2. Teori
1. Strategy atau Strategi

  • Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".
  • Menurut Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat.

2. Business

  • Menurut Griffin dan Ebert (1996)
  • “Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.
  • Menurut Huat, T Chwee (1990)
  • Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.
  • Menurut Allan Afuah (2004)
  • “Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry. Maksudnya Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.

    3. Analisis
Maksud dari Social Network Business adalah memanfaatkan dan menggunakan social network atau media social untuk memasarkan bisnis yang sedang dikelola. Biasanya media social digunakan jika bisnis yang sedang dikelola tersebut tidak memiliki tempat yang strategis seperti dipinggir jalan atau di mall. Mereka menggunakan media sosial untuk memasakan bisnisnya agar mendapat keuntungan yang lebih. Biasanya media sosial yang sering digunakan yaitu Facebook dan Twitter. Karena kedua media social tersebut sedang banyak yang menggunakannya.
    4. Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
http://aggashi.blogspot.com/2011/11/pengertian-social-networking-media.html
http://assharrefdino.blogspot.com/2013/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x_22.html
http://qodel.blogspot.com/2010/11/strategy-of-information-integration.html

0 komentar:

Posting Komentar